Anda ingin menikmati akhir pekan dengan liburan keluar kota? Atau Anda ingin menyegarkan mata dengan melihat pemandangan pantai? Serang bisa menjadi kota tujuan yang tepat! Berbatasan dengan Laut Jawa dan Selat Sunda, banyak tempat wisata Serang Banten yang menarik untuk dikunjungi. Yuk, temukan rekomendasinya!

10 Rekomendasi Wisata di Serang Banten

Berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata Serang, mulai dari wisata alam hingga sejarah.

1. Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS)

Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS)
Image Source: Distrik Banten News

Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS) termasuk tempat wisata Serang Banten terbaru dan terpopuler. Destinasi satu ini menyuguhkan bangunan bergaya Eropa dan fasilitas wahana permainan yang menarik. 

Lokasinya ada di Jalan Kemanisan, Curug, Serang, Banten. Sementara untuk biaya tiket masuknya hanya Rp25.000,00. Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08.00 – 16.30 WIB setiap hari.

2. Cagar Alam Pulau Dua

Pulau Dua termasuk tempat wisata di Serang Banten yang terkenal karena dihuni 71 jenis burung. Jadi, Anda bisa menikmati suara kicauan burung yang indah di pulau ini. Lokasinya pun cukup terjangkau karena hanya berjarak 14 kilometer dari Kota Serang dengan fasilitas toilet umum.

Tepatnya berada di Desa Sawah Luhur, Serang, Banten. Sementara harga tiket masuknya gratis, kecuali biaya kapal dari Serang ke Pulau Dua.

3. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang
Image Source: Pinterest – iamindonesia

Wisata Serang terfavorit selanjutnya adalah Pulau Sangiang. Pulau ini bisa menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dengan terumbu karang pohon bakau yang mempesona. Beberapa fasilitasnya adalah camping ground, perahu, dan pemandu wisata.

Lokasinya berada di Desa Cikoneng, Serang, Banten. Lalu, untuk akses menuju Pulau Sangiang, Anda bisa menempuhnya hanya dengan waktu 45 menit dari Anyer via laut. Jam operasionalnya terbuka setiap saat (24 jam) dengan harga tiket Rp100.000,00 per orang.

4. Arung Jeram Tubing Cikalumpang

Arung Jeram Tubing Cikalumpang
Image Source: Travel Plus Indonesia

Bagi yang suka berkunjung ke tempat wisata yang bisa memicu adrenalin, Anda bisa mencoba arung jeram tubing Cikalumpang. Wisata Serang Banten satu ini memiliki aliran sungai yang cukup deras dan bebatuan di sekitarnya. 

Fasilitas dari peralatannya sudah memadai dan lokasinya pun mudah dijangkau, yakni di Padarincang, Serang, Banten. Tarif untuk wahana arung jeram ini hanya Rp20.000,00 untuk rute 500 meter dan Rp40.000,00 untuk rute 2 kilometer.

5. Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi menjadi destinasi favorit di Serang karena keunikannya. Sebab, air terjunnya tampak berbeda karena tidak terlalu tinggi dan memiliki kolam yang sangat luas dengan air berwarna hijau tosca. 

Fasilitasnya cukup lengkap meliputi toilet umum, mushola, area camping, sampai restoran. Lokasinya terletak di Kampung Turalak, Kecamatan Mandalawangi, Serang, Banten. Tiket masuknya pun cukup murah, sekitar Rp15.000,00 saja.

6. Rumah Hutan

Rumah hutan juga bisa menjadi destinasi menarik saat liburan ke Serang. Di sana, ada fasilitas rumah hutan yang unik, terdiri dari warung makan, lapangan badminton, dan rumah untuk pengunjung. 

Lokasi wisata Rumah Hutan berada di Kampung Cidampit, Desa Bojong, Serang Banten. Menariknya, tidak ada biaya tiket masuk di tempat ini. Anda hanya perlu membayar Rp3.000,00 untuk biaya parkir kendaraan.

7. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang
Image Source: Pinterest – ksmtour

Wisata Serang memang terkenal dengan banyaknya curug atau air terjun. Kali ini ada Curug Cigumawang yang cantik. Anda bisa menikmati air terjun dengan air yang menyegarkan dan pepohonan hijau yang sejuk. 

Curug Cigumawang juga memiliki fasilitas mushola, toilet, hingga warung makan. Lokasinya terletak di Desa Bugel, Kota Serang, Banten. Sementara harga tiket masuknya hanya dibanderol Rp10.000,00.

8. Danau Tasikardi 

Tidak hanya wisata alam, ada pula tempat wisata di Serang Banten bertema sejarah. Danau Tasikardi menjadi salah satu wisata yang menyimpan peninggalan Kerajaan Banten. Berdasarkan sejarahnya, dasar danau terbuat dari ubin batu bata. 

Lokasinya hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari Kota Serang. Tepatnya berada di Jalan Banten Lama, Pegadingan, Serang, Banten. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni Rp10.000,00 saja.

9. Keraton Kaibon

Keraton Kaibon
Image Source: Pinterest – Fatimah Zahra

Selanjutnya, Anda bisa melihat sisa kemegahan Kerajaan Banten Lama di Keraton Kaibon.  Meski bentuknya sudah tidak sempurna, Keraton Kaibon memiliki bentuk yang eksotis karena dibangun di atas air. 

Lokasi Keraton Kaibon terletak di Desa Kasunyatan, Kasamen, Kota Serang, Banten. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sementara untuk masuk ke tempat wisata Serang Banten ini tidak dikenakan biaya sepeserpun.

10. Benteng Speelwijk

Terakhir, ada wisata yang merupakan peninggalan Belanda, yakni Benteng Speelwijk. Benteng ini terdiri dari banyak menara pengintai di setiap sudut bangunannya. Anda bisa melihat keindahan kota Banten Lama melalui menara pengintai ini. 

Fasilitas destinasi ini adalah tempat parkir dan toilet umum. Lokasi Benteng Speelwijk terletak di Kampung Pamarican, Serang. Adapun harga tiket masuk hanya Rp10.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Tertarik Liburan ke Salah Satu Wisata Serang Banten?

Ada banyak sekali tempat wisata yang menarik di Serang Banten, bukan? Namun, liburan rasanya belum lengkap kalau tidak membawa pulang makanan khas Banten. Lantas, apakah Anda tahu harus membeli oleh-oleh yang lengkap dan terpercaya?

Sarinande Cilegon bisa jadi pilihan tepat untuk mendapatkan oleh-oleh khas Banten lengkap dan murah. Ada banyak pilihan kue dengan cita rasa nikmat yang patut Anda coba. Tidak hanya kue, ada juga bahan kue yang berkualitas. Penasaran dengan produk-produk Sarinande Cilegon lainnya? Kunjungi website resminya sekarang!