Bulan Agustus yang kian dekat, membuat orang-orang sibuk mencari dekorasi 17 Agustus yang unik. 17 Agustus adalah tanggal yang sangat berarti bagi seluruh rakyat Indonesia, karena pada tanggal itu negeri tercinta ini resmi merdeka. Nah, dalam rangka menyemarakkan suasana kemerdekaan, perlu dekorasi yang meriah. 

Kebanyakan dekorasi 17-an identik dengan warna merah putih sebagai lambang bendera Indonesia. Berbekal dari situ, Anda bisa memikirkan berbagai rancangan konsep desain yang menarik untuk diaplikasikan pada kelas, kampung, kantor, hingga panggung acara. 

List Dekorasi 17 Agustus yang Unik Agar Acara Hidup

Daripada bingung memikirkan dekorasi, sebaiknya Anda mengikuti pembahasan artikel berikut yang akan menyuguhkan sejumlah ide. Di mana ide-ide tersebut mengandung referensi dekorasi 17 Agustus yang unik dan bisa Anda tiru. Ini dia daftarnya!

1. Gapura Balon Merah Putih

Gapura Balon Merah Putih
Image Source: Pinterest – Dekorasi Balon Ulang Tahun

Jika Anda ingin mendesain dekorasi kantor 17 Agustus yang unik, memakai gapura balon merah putih bisa jadi opsi pilihan. Apalagi, keberadaan gapura tentu akan sangat menonjol, jika Anda taruh di depan pintu masuk kantor. 

Cara membuat gapura dari bahan balon membutuhkan ketelatenan tingkat tinggi. Anda perlu meniup sejumlah balon dan menyusunnya hingga membentuk pilar atau gapura. Penentuan komposisi warna merah putihnya, bisa sesuai selera. 

2. Kembang Goyang Merah Putih

Kembang Goyang Merah Putih
Image Source: Pinterest – WOW BOUQUET

Selain balon, Anda bisa memanfaatkan kertas untuk membuat dekorasi dinding yang cantik. Misalnya, seperti dekorasi kembang goyang berwarna merah putih yang tertempel di dinding. 

Supaya hasilnya variatif, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam model kertas. Mulai dari kertas berwarna polos, kertas polkadot, hingga kertas dengan warna merah dan putih yang selang-seling. 

3. DIY Kertas Origami

DIY Kertas Origami
Image Source: Youtube – Ragam Tutorial

Dekorasi 17 Agustus yang unik berikutnya datang dari DIY (Do It Yourself) kertas origami. Kelebihan memakai kertas origami sebagai bahan dekorasi adalah kemudahannya untuk Anda bentuk menjadi apapun sesuai keinginan. 

Misalnya, seperti gantungan dekorasi daun semanggi berwarna merah putih pada gambar di atas. Kreasi origami ini cocok Anda gantung pada tempat-tempat tinggi, seperti pintu, jendela, papan tulis, dan lain sebagainya. 

4. Origami Bunga

Origami Bunga
Image Source: Pinterest – Ragam Tutorial

Dekorasi 17 Agustus yang unik berikutnya masih memakai kertas origami, namun dengan bentuk yang berbeda. Jika sebelumnya Anda membuat gantungan daun semanggi, kali ini Anda membentuk origami menjadi bunga.  

Pertama-tama, Anda bisa merakit bunganya terlebih dahulu. Kemudian, membentuk rantai untuk menyatukan bunga-bunga yang sudah Anda buat menjadi satu dekorasi panjang. Setelah jadi, Anda bisa memasangnya dengan cara digantung atau ditempel.

5. Tempelan Stiker Bertema Kemerdekaan

Tempelan Stiker Bertema Kemerdekaan
Image Source: Pinterest – Teutic

Dekorasi kelas 17 Agustus yang unik adalah dengan menempelkan stiker bertema kemerdekaan. Inspirasinya bisa seperti gambar di atas, yakni dengan menempelkan tulisan alfabet tentang kemerdekaan Indonesia. 

Selain itu, Anda juga bisa menempelkan peta dan printilan dekorasi lainnya untuk memenuhi pintu kelas. Hal ini bertujuan agar desainnya tampak meriah dan tidak banyak ruang kosong. 

6. Lampion Merah Putih

Lampion Merah Putih
Image Source: Youtube – Lista Tsurayya

Referensi dekorasi 17 Agustus yang unik untuk Anda gantung berikutnya adalah lampion merah putih. Anda bisa membuat lampion ini sendiri dari rumah. Beberapa alat yang perlu disiapkan, antara lain kertas bufalo berwarna merah dan putih, penggaris, gunting, hingga lem. 

7. Bendera Merah Putih Plastik

Bendera Merah Putih Plastik
Image Source: Lazada

Jika Anda perhatikan, dekorasi kampung 17 Agustus yang unik rata-rata memakai bendera merah putih plastik. Biasanya, orang-orang kampung mengibarkan bendera plastik memanjang dari satu titik ke titik lainnya. 

Dari kejauhan nanti, Anda bisa melihat dekorasi bendera yang saling menyilang dan tampak ramai. 

8. Rantai Merah Putih

Rantai Merah Putih
Image Source: Pinterest – Kidspace Jakarta

Salah satu dekorasi 17 Agustus yang unik dan klasik yang mudah Anda buat sendiri adalah rantai merah putih. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal membentuk kertas origami putih menjadi lingkaran terlebih dahulu.

Baru setelahnya, Anda masukkan kertas origami merah agar bisa terhubung dengan origami putih. Lakukan berulang sampai menjadi panjang. 

9. Tenda Merah Putih

Tenda Merah Putih
Image Source: Pinterest – Amira Tent

Dekorasi panggung 17 Agustus yang unik dan pastinya identik dengan kemerdekaan adalah memasang tenda merah putih. Biasanya, penggunaan tenda ini cocok untuk acara-acara kemerdekaan yang formal. 

10. Circus Pesta

Circus Pesta
Image Source: Pinterest – Squarespace

Ide dekorasi berikutnya adalah circus pesta yang biasanya terpasang di langit-langit ruangan. Bagi Anda yang ingin merayakan kemerdekaan di rumah, dekorasi ini cocok digunakan. 

Bingung Mencari Dekorasi 17 Agustus yang Unik?

Itu tadi adalah referensi dekorasi 17 Agustus yang unik untuk kamu aplikasikan, baik indoor maupun outdoor. Nah, setelah mendapatkan inspirasi dekorasinya, masalah yang mungkin kamu hadapi sekarang adalah tempat membelinya. Bagi warga Cilegon, dekorasi semacam ini bisa dibeli dari toko packaging dan dekorasi Cilegon.

Sarinande Cilegon adalah toko kue dan bahan kue yang juga menjual beraneka perlengkapan dekorasi. Beberapa barang yang toko ini jual, antara lain balon, pita, dan masih banyak dekorasi lainnya. Tunggu apalagi? Mari belanja perlengkapan dekorasi di Sarinande Cilegon!