Di tengah pasar persaingan yang begitu sengit, Anda harus mencari contoh packaging makanan yang memiliki value. Artinya, kemasan produk bukan hanya sekedar wadah saja, tetapi juga harus berperan sebagai media penyampai nilai brand, bisa menarik perhatian, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

Anda tidak boleh meremehkan kemasan makanan pada bisnis Anda. Saking pentingnya, hasil survei Digital Creative Packaging menunjukkan, sebanyak 66% konsumen melakukan pembelian produk baru hanya berdasarkan kemasannya. Nah, jika sedang mencari inspirasi, maka artikel ini layak Anda telusuri sampai akhir!

Contoh Desain Packaging Makanan

Menurut Co-Founder Grand Effect Branding Agency yang bernama Garret Owen, desain kemasan berperan penting dalam menonjolkan suatu produk dari banyaknya produk dalam persaingan. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia contoh packaging makanan yang unik dan kreatif.

1. Makanan Bayi dalam Kemasan Jar

Desain Kemasan Berbentuk Jar
Desain Kemasan Berbentuk Jar | Sumber Gambar: Behance.net – (I Am Riwan)

Mengapa kemasan makanan untuk anak memiliki warna dan gambar yang menarik? Melansir Antaranews.com, seorang Psikolog yang bernama Jovita Ferliana menjelaskan bahwa kemasan yang menarik bisa mempengaruhi anak untuk membelinya.

Begitupun bayi, mereka lebih cepat memproses informasi dalam bentuk visual. Jadi, penggunaan jar dan penambahan tekstur pada kemasan bertujuan untuk menyesuaikan porsi makan dan merangsang otak bayi saat ia belajar makan sendiri.

2. Desain Minimalis yang Tak Lekang Oleh Waktu

Desain Minimalis pada Kemasan Makanan
Desain Minimalis pada Kemasan Makanan | Sumber Gambar: in.pinterest.com

Contoh packaging makanan dan minuman yang tak lekang oleh waktu masih dimenangkan oleh desain minimalis. Misalnya, desain pada produk olahraga yang ingin menunjukkan gaya hidup aktif, tapi tetap fungsional ini.

3. Desain Kemasan Cokelat yang Elegan

Contoh Packaging Makanan Elegan
Contoh Packaging Makanan Elegan | Sumber Gambar: Sribu.com

Bagi pecinta makanan manis, cokelat termasuk dalam jenis makanan mewah. Atas dasar itulah Anda bisa membuat desain kemasan cokelat yang elegan untuk meningkatkan nilai jualnya. Gunakan kombinasi warna-warna gelap, sentuhan emboss logo, dan garis mengkilap untuk menambah kesan premium.

4. Sandwich dengan Kemasan Unik

Kemasan Unik untuk Sandwich
Kemasan Unik untuk Sandwich | Sumber Gambar: Pinterest.com

Anda harus mengubah makanan sederhana menjadi tampak menarik bagi target market. Seperti contoh packaging makanan SM Kids yang menargetkan anak-anak ini. Mereka membuat kemasan bergambar monster yang seolah-olah melahap sandwich di dalamnya.

Desain ini akan terlihat sangat menarik bagi anak-anak yang berada di fase imajinatif mereka. Dengan begitu, daya imajinasi anak-anak semakin terpupuk dan produk Anda akan tertanam di benak mereka.

5. Kemasan Pasta Organik yang Menarik

Ide Kemasan Pasta Sesuai Tekstur
Ide Kemasan Pasta Sesuai Tekstur | Sumber Gambar: Greenomic-deli.com

Pecinta makanan estetik pasti senang saat melihat kemasan pasta organik dari Greenomic. Selain makanannya yang terbuat dari bahan-bahan alami, kemasannya pun terbuat dari kertas yang mudah terurai. Pada intinya, contoh packaging makanan ini membuktikan bahwa kreativitas dan originalitas berdiri di atas segalanya.

6. Desain Kemasan Unik untuk Camilan Cokelat

Desain Kemasan Makanan Terunik
Desain Kemasan Makanan Terunik | Sumber Gambar: Facebook.com (Chocolocuras)

Chocolocuras menawarkan camilan berbahan dasar cokelat yang dipadukan dengan berbagai macam rasa. Tak berhenti di situ saja, ternyata brand ini punya gagasan yang cemerlang. Dengan memainkan karakter, warna, dan tipografi yang berani, mereka menekankan keunikan produk.

7. Desain Estetik di Kemasan Dark Chocolate

Inspirasi Packaging Dark Chocolate yang Estetis
Inspirasi Packaging Dark Chocolate yang Estetis | Sumber Gambar: Mirzam.com

Apa Anda ingin mendirikan bisnis dark chocolate? Jika iya, coba cermati contoh packaging makanan unik dari Mirzam. Kombinasi antara warna dan ilustrasi pada kemasannya akan memanjakan mata siapa saja yang memandang. Mereka menggunakan ikon kapal layar dengan latar belakang tempat, dimana cokelat berasal.

8. Toples Transparan untuk Bumbu

Makanan dalam Toples Transparan
Makanan dalam Toples Transparan | Sumber Gambar: in.pinterest.com

Masih tergolong desain minimalis, toples transparan memusatkan perhatian pelanggan ke produk Anda. Kemudian, kontras mencolok antara tutup putih dan font label hitam dapat meningkatkan daya baca dan daya tarik estetika.

9. Bentuk Kemasan Seperti Asli

Snack Kacang Berbentuk Kacang
Snack Kacang Berbentuk Kacang | Sumber Gambar: in.pinterest.com

Contoh packaging makanan berikutnya terbuat dari kertas karton ramah lingkungan. Kemasan camilan kacang ini mengadopsi bentuk dan tekstur seperti wujud aslinya. Sementara itu, labelnya menggunakan benang yang mirip dengan label pakaian untuk menambah sentuhan unik yang merepresentasikan brand.

Tak lupa bagian belakang kemasan sengaja dibentuk rata agar segala informasi penting yang pelanggan butuhkan dapat dimuat di sana. Atas dasar inovatif dan kreatif, itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan desain ini.

10. Desain Kemasan yang Tampak Segar

Tren Desain Kemasan Makanan Maksimalis
Tren Desain Kemasan Makanan Maksimalis | Sumber Gambar: Jenndavid.com

Selain desain minimalis, kini Anda harus berani mengambil langkah menuju desain maksimalis. Tentu saja berkebalikan dengan minimalis, Anda berkesempatan untuk menunjukkan kreativitas tanpa batas, sehingga desain kemasan makanan Anda akan tampak lebih segar, menaik, dinamis, dan unik.

Contoh Packaging Makanan Mana yang Menarik Menurut Anda?

Sebagai pebisnis, Anda harus mampu memahami tren, melakukan riset, dan mengaplikasikan strategi apa yang Anda rencanakan untuk mengikuti contoh packaging makanan tersebut. Jika pada akhirnya Anda tak tahu harus berbuat apa, mulailah bersama toko packaging dan dekorasi Cilegon.

Kami selalu menyediakan packaging dengan tampilan yang menarik, sehingga bisa mempertahankan value brand dan kualitas produk. Selain itu, kami juga menyediakan perlengkapan dekorasi yang mampu menghadirkan sentuhan keindahan ke setiap momen istimewa Anda. Buat pelangganmu terkesan, yuk!