Kue merupakan cemilan yang banyak disukai oleh banyak kalangan, terutama anak-anak. Bahkan, kue termasuk makanan wajib yang harus ada saat lebaran. Nah, ketika proses pengolahan, tentunya kamu membutuhkan sejumlah bahan membuat kue. Mulai dari gula pasir hingga tepung. Lebih lengkapnya, yuk simak rekomendasi bahan-bahan pengolahan kue ala mba Sari di artikel ini!

15 Bahan Membuat Kue yang Wajib Diketahui

Berikut ini beberapa contoh bahan dasar membuat kue yang wajib kamu ketahui, yaitu: 

1. Gula Pasir

Gula pasir pada proses pembuatan kue digunakan sebagai pemanis. Hampir semua produk kue menggunakan pemanis, sehingga ini bisa termasuk bahan pokok untuk membuat kue yang harus ada di dapur kamu. 

Akan tetapi, sebaiknya kamu perhatikan takaran gula saat membuat adonan kue ya. Terlalu banyak gula juga tidak akan bagus, karena bisa membuat adonan tidak akan mengembang dengan baik. 

2. Tepung

Bahan bahan dasar membuat kue selanjutnya adalah Tepung. Ada banyak jenis tepung yang bisa kamu gunakan untuk membuat kue. Ini tergantung dari jenis kue yang akan kamu buat. 

Biasanya, tepung yang mba Sari gunakan adalah tepung terigu dan tepung maizena. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan proteinnya, yaitu protein tinggi, sedang, dan rendah. 

Setiap jenis memiliki tingkat perekatan berbeda-beda, sehingga digunakan untuk pembuatan jenis kue yang berbeda-beda juga. Misalnya, tepung protein rendah biasanya mbak Sari gunakan untuk membuat kue kering, sedangkan protein tinggi untuk membuat roti tawar. 

Untuk tepung maizena, biasanya untuk pengental saus dan melembutkan produk kue. Untuk itulah tepung ini bisa kamu gunakan untuk membuat kue bertekstur empuk dan lembut. 

3. Ragi

Ragi merupakan pengembang yang sering digunakan dalam membuat berbagai jenis varian roti. Di pasaran, ada banyak jenis ragi yang bisa kamu gunakan, namun mbak Sari sarankan untuk menggunakan ragi instan, jika ingin yang lebih praktis. 

4. Kukis atau Biskuit

Kukis adalah bahan untuk membuat kue yang biasanya berperan sebagai bahan tambahan. Biasanya, kukis mbak Sari gunakan untuk topping atau isian, sehingga akan lebih cocok untuk kamu padukan dengan kue dengan rasa netral. 

5. Ekstrak Vanilla

Untuk membuat kue, kamu juga bisa menggunakan ekstrak vanila. Bahan ini biasanya untuk penambah rasa dan aroma pada kue yang mbak Sari buat. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa bahan ini tidak harus ada pada kue kamu, namun jika ingin kue yang kamu hasilkan lebih lezat, maka sebaiknya gunakan ini. 

6. Lemak (Shortening)

Lemak adalah bahan yang berfungsi sebagai pelembut supaya kue lebih fleksibel. Adapun beberapa produk baking yang sering menggunakan lemak adalah kue dan kulit pai.

7. Susu

Susu termasuk bahan yang juga paling banyak digunakan dalam membuat kue. Fungsi dari susu sendiri adalah untuk menunjang rasa dan tekstur kue. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan susu UHT, susu segar, dan sejenisnya, yang terpenting sesuai dengan kue yang akan kamu buat.  

8. Garam 

Bahan untuk membuat kue selanjutnya yaitu garam, yang memiliki banyak fungsi dalam kue. Namun, biasanya garam mbak Sari tambahkan dalam kue untuk memaksimalkan proses pengolahan kue itu sendiri. 

Walaupun tidak menutup kemungkinan juga, garam bisa menambah cita rasa kue. Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan terlalu banyak garam, karena bisa menciptakan rasa asin pada kue yang kamu buat. 

9. Baking Powder

Baking powder merupakan contoh bahan untuk membuat kue yang paling banyak orang gunakan. Ada dua jenis baking powder untuk membuat kue, yaitu single-acting dan double-acting.

Perbedaannya yaitu pada kecepatan reaksinya, yang mana baking powder single-acting lebih cepat bereaksi saat bertemu bahan lain. Untuk itulah, adonan kue yang menggunakan baking powder ini harus segera dipanggang atau dikukus. 

Tidak hanya itu, baking powder double acting juga biasanya bereaksi dengan membentuk gelembung gas. Jadi, pastikan kamu tahu jenis baking powder yang kamu beli, sebelum membuat kue dengan bahan ini. 

10. Baking Soda

Baking soda dalam pembuatan kue berperan sebagai pengembang. Hal ini karena bahan ini bersifat mengeluarkan gas CO2.

Tidak hanya itu, bahan ini juga bisa membantu kamu dalam menciptakan tekstur yang lebih renyah pada kue kering. Namun, dalam menggunakan bahan ini sebagai pengembang, kamu harus pasangkan dengan bahan yang bersifat asam, seperti cuka, krim tartar, bubuk kakao, yogurt, atau buttermilk.

11. Cream of Tartar

Bahan untuk membuat kue berikutnya yaitu Cream of Tartar yang fungsinya hampir sama dengan soda kue dan baking powder. Cream of Tartar berfungsi untuk mengeluarkan gas, agar kue lebih mengembang. Namun, biasanya bahan ini akan lebih bereaksi saat ditambahkan dengan soda kue. 

12. Bread Improver

Bread improver merupakan bahan untuk membuat kue yang berfungsi sebagai pengempuk. Untuk itulah, bahan ini juga cocok untuk membuat berbagai jenis roti.

Tidak hanya itu, bahan ini juga bisa membantu untuk membuat serat kue lebih halus dan daya simpan lebih lama. Jadi, sebaiknya kamu benar-benar mempertimbangkan bahan ini dalam pembuatan kue. 

13. Cake Emulsifier Ovalet

Cake emulsifier ovalet berfungsi dalam membantu proses masuknya udara saat kamu sedang mengocok telur pada adonan kue. Sehingga, kue yang dihasilkan bisa mengembang sempurna. 

Tidak hanya itu, bahan ini juga bisa membuat adonan menjadi lebih stabil, karena mampu menyatukan cairan dan lemak dalam adonan. Adapun kue yang dihasilkan, jika kamu menggunakan bahan ini yaitu lebih halus, empuk, dan lebih tahan lama. 

14. Cake Emulsifier TBM

Bahan untuk membuat kue berikutnya ini sangat bermanfaat untuk membuat kue bertekstur lembut. Adapun dalam proses penggunaannya, bahan ini dicampur dengan adonan telur saat proses pengocokan. 

Dibandingkan dengan ovalet, bahan ini memiliki komposisi yang lebih kompleks. Untuk itulah, banyak orang yang memilih Cake Emulsifier TBM dalam membuat kue, termasuk mbak Sari sendiri. 

15. Cake Emulsifier SP

Bahan untuk membuat kue yang terakhir, yaitu cake emulsifier SP. Dari namanya, dengan bahan-bahan sebelumnya, sekilas mungkin kamu langsung berpikir fungsinya sama. 

Namun, ternyata ini berbeda dengan Ovalet dan TBM, karena bahan ini bisa membantu kamu dalam membuat adonan tidak mudah turun saat proses mixing. Atau dengan kata lain, bahan ini akan sangat membantu dalam membuat adonan lebih menyatu dan stabil.  

Untuk itu juga, kue yang dihasilkan jika menggunakan bahan ini lebih berkualitas, daripada yang tidak. Ini juga yang menjadi alasan kenapa toko kue sangat disarankan untuk menggunakan bahan ini dalam membuat kuenya.

Sudah Lebih Tau Tentang Bahan Dasar untuk Membuat Kue?

Ada banyak bahan untuk membuat kue yang bisa kamu pilih. Namun, biasanya untuk membuat kue yang paling utama kamu harus menggunakan tepung, karena tanpa tepung, tentu saja kue tidak akan bisa terbentuk. 

Tepung sendiri ada banyak jenisnya dan memiliki fungsi berbeda, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk itulah, sebaiknya perhatikan jenis tepung yang kamu gunakan, sebelum membuat kue untuk hasil terbaik. Sarinande menyediakan berbagai macam bahan kue maupun kue untuk kebutuhanmu.